Tetap Kuat

Dalam kondisi yang penuh dengan kompetisi, manusia dihadapkan pada berbagai pilihan. Pilihan sukses tentu harus dijalankan dengan sepenuh hati. Disertai keteguhan dan kemauan untuk melakukan segala sesuatu untuk mencapai kesuksesan tersebut. Selain kreativitas untuk meraih sukses, manusia diharapkan dapat menciptakan kemungkinan-kemungkinan untuk sukses tersebut.

Juga melihat kondisi “pasar” yang ada. Ketika pasar menuntut sesuatu keahlian, tentu kita perlu beradaptasi untuk mencapai “keinginan” pasar tersebut.

Tidak selamanya kita “didikte” oleh pasar. Berkompetisi pada bidang tertentu yaitu dengan mengasah keahlian kita dan “menjual” keahlian pada pihak-pihak yang mau menggunakan keahlian kita.

Tetap kuat dalam pendirian artinya juga kita secara gigih [persisten] melakukan apa yang kita yakini. Kadang memang ada pikiran dan rasa lelah karena mengerjakan itu itu saja dan terus menerus, namun setelah berpikir dan berkontemplasi sejenak, kita kembali lagi menekuni pekerjaan tersebut untuk secara konsisten mempertajam naluri dan sensitivitas kita.