Review on this News: KPHP Meratus Kampanyekan Pencegahan Karhutla Kepada Warga Di Area IKN

BerandaAdvertorial  

Penulis : Edy Suratman | Editor : Roy MS

Sepaku, btv.co.id – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Meratus mengampanyekan gerakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sekitar area kawasan bakal Ibukota Negara,  Desa Bukit Raya, Sepaku, Penajam Paser Utara. Kampanye yang berlangsung di Lapangan Taruna, Desa Bukit Raya pada Minggu (9/2/2020) tersebut dirangkai dalam ragam kegiatan, mulai dari sosialisasi, jalan santai, senam sehat dan ditutup dengan simulasi penanggulangan karhutla.

Melalui kegiatan ini, Kepala UPTD KPHP Meratus, Hazairin Fahmi menginginkan terwujudnya masyarakat sadar api. Maka dari itu, tak sekedar menyampaikan sosialisasi, kegiatan juga dirangkai dengan jalan sehat sehingga diharap sekaligus mendekatkan pihaknya dengan masyarakat. “Selain melakukan sosialisasi ke kalangan masyarakat melalui pemerintahan, kami berupaya berinovasi kampanye pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan cara jalan santai agar lebih dekat dengan masyarakat, sehingga tumbuh masyarakat yang peduli api”, terangnya di sela kegiatan.

Rangkaian kegiatan kampanye pencegahan karhutla yang digelar UPTD KPHP Meratus disambut antusias warga Desa Bukit Raya, Bumi Harapan, Suka Raja dan Tengin Baru.

Kampanye pencegahan Karhutla yang digelar oleh UPTD KPHP Meratus ini tak luput mendapat apresiasi Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang Perlindungan Hutan dan Konservasi Sumber Daya Alam Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur, Shahar Al Haaq yang turut hadir di kegiatan tersebut meyakini, kegiatan seperti ini akan efektif menumbuhkan kesadaran masyarakat. “Meramu kampanye seperti ini sangat menarik minat di masyarakat, dengan harapan bakal timbul kesadaran masyarakat mengenai kebakaran hutan dan lahan”, kata Shahar.

Pemenang undian doorprize jalan sehat kampanye pencegahan karhutla yang digelar UPTD KPHP Meratus meraih hadiah uang tunai jutaan Rupiah.

Kegiatan diawali dengan jalan sehat dilanjutkan dengan senam sehat. Kemudian, dilakukan simulasi penanggulangan karhutla berbarengan dengan pengundian doorprize jalan sehatmulai dari sepeda gunung, uang tunai jutaan rupiah. Kegiatan ini pun menarik antusiasme tinggi warga Desa Bukit Raya, Bumi Harapan, Suka Raja dan Tengin Baru.

Kegiatan ini sekaligus ditujukan sebagai persiapan menyambut pemindahan Ibukota Negara ke kawasan tersebut.