Kesehatan: menjaga agar tidak terkena gejala prostat

Hari ini seorang Arswendo Atmowiloto menghembuskan nafas terakhirnya karena kanker prostat.

Apakah kanker prostat itu?

Penyakit yang diderita oleh kaum laki-laki karena beberapa penyebab.

Gejala 

Berdasarkan info yang dilansir dari kabar CNN hari ini; Pada tahap awal, gejala kanker prostat akan berhubungan dengan kemih. Ini karena letak kelenjar prostat dekat dengan kandung kemih dan uretra. Tumor bisa menekan dan menyempitkan uretra dan menghambat aliran urine. 

Selain itu, gejala-gejala lain yang bisa timbul antara lain, sensasi terbakar atau rasa sakit saat buang air kecil, kesulitan saat buang air (saat mulai dan menghentikan), saat malam sering ingin buang air, aliran urine yang tidak kencang, terdapat darah pada urine atau air mani, kesulitan ereksi dan rasa sakit saat ejakulasi. 

Saat semakin parah, kanker prostat bisa menyebar dan membentuk tumor pada organ lain atau tulang. Kanker yang sudah menyebar menimbulkan gejala bengkak pada kaki atau area pelvis atau panggul, rasa sakit atau bahkan mati rasa pada pinggang, kaki atau telapak kaki juga rasa sakit pada tulang hingga bisa terjadi patah tulang. 

Jika menemui gejala awal, pria sebaiknya segera melakukan skrining atau pengecekan. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan USG prostat, MRI, dan biopsi prostat.

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190627173932-255-407098/menyoal-kanker-prostat-yang-diderita-arswendo-atmowiloto?